DeaR,

Masih inget ceritaku waktu berkunjung ke Klinik Laktasi? kan kalo kata suster-suster di klinik Laktasi St.Carolus ga boleh memberikan ASI pake Dot…trus pake Nipple Shield ( Puting Tiruan ). Dan akupun bertekad bila nanti buah hati telah lahir…aku bertekad untuk tidak memberikan dot dan nipple shield.

Haidar lahir ke dunia….Alhamdulillah ASIku banyak, kental dan lancar, jadi untuk persediaan ASI mencukupi.

Idealisme pertama yang akhirnya goyah adalah ketika aku baru menyadari kalo payudara kananku ternyata rata alias flat sehingga Haidar kesulitan untuk menyusu, sampai dia capek sendiri…berbagai usaha telah aku lakukan dari menarik puting sampai memaksa Haidar untuk tetap menyus dengan harapan putingku bisa keluar…ternyata tidak berhasilšŸ˜¦. Sampai akhirnya keputusan untuk memakai puting tiruan alias Nipple Shield menjadi keputusan terakhir yang diambil dengan berat hati….Alhamdulillah Haidar tidak terpengaruh dengan perbedaan yang ada, putng kiriku tidak memakai Nipple Shield.

Idealisme kedua yang akhirnya goyah adalah ketika volume menyusu Haidar semakin meningkat dan mulai senang memainkan puting kiriku…sehingga aku mulai merasakan kesakitan. Akhirnya aku menggunakan Nipple Shield juga untuk yang kiri.

Idealisme ketiga yang munkin akan segera goyah adalah…..aku akhirya mengalah dengan kenyataan yang ada akan memberikan botol dot untuk peberian ASIku..karena beberapa hari yang lalu, Haidar disendokin ASIP jelas-jelas menolak dan ga mau….lagipula aku juga berfikir, karena Haidar ini sifatnya keras takutnya nanti waktu dikasih ASIP disendokkin jadi tersedak..

Ya…dulu waktu lagi hamil berharap nanti segala sesuatu dalam mengurus anak segala sesuatunya akan berjalan serba sempurna dan ideal….ternyata semua itu keliru, aku harus berhadapan dengan kenyataan dan keadaan yang ada. Siapa yang akan mengira Haidarku ini kalo nangis kejerrrrr banget sampe mukanya merah bangeeettt dan suaranya nyaris tenggelam karena begitu dahsyat nangisnya…kalo ngeliat pasti bakal khawatir, apa-apa maunya cepat…termasuk menyusu dan ganti popok….salah satu hal itu yang bikin idealisme dan keinginanku terpaksa mengalah….:-(