DeaR,

Tanggal 24 Oktober 2009 di Restoran Sambara, Cipete-Jakarta Selatan kemarin aku dateng di acaranya AIMI, yaitu : TALK SHOW MPASI With Wied Harry Apriadj. Pas banget momentnya Haidar lagi gemar ber GTM ria bulan ini… .😦.
Dan summary yang diberikan Wied Harry tentang MPASI adalah :

1. Tahapan Pengenalan Makanan
Struktur Molekul dan Tekstur
1-6 Bulan : ASI Ekslusif
6_7 Bulan : Buah ( Karbohidrat. Sederhana, menurut Wied Harry yg paling baik dan lebih dulu adalah buah, karena buah mengandung karbohidrat sederhana dan menyerupai ASI sehingga mudah dicerna bayi., umumnya bayi awal MPASI masih belum mengunyah Intensif).
7-8 Bulan : Pati ( include GASOL,Umbi2an ) + Sayur rendah serat ( Karbohidrat lebih kompleks) + Polong2an mudah cerna ( TempeTahu ), Tekstur lembut.
8-9 Bulan : Idem dengan usia 7-8 Bulan + Protein mudah cerna ( Telur,Keju, Yoghurt), Tekstur Lembut+Saring ( kaya Bubur Saring ).
9-10 Bulan : Idem dengan usia 8-9 Bulan+ Sayuran lebih kaya serat+Protein lebih beragam termasuk polong2an ( kc.hijau,kc.tolo,kc.merah ) , Tekstur Tim dan Saring.
10-12 Bulan : Idem dengan usia 8-9 Bulan+ FingerFood bikinan sehat alami seperti fish stick or chicken nugget.

2. Makanan Bayi adalah makanan segar dan alami alias buatan sendiri karena :
a. Zat Nutrisi+Zat Non Nutrisi relatif utuh.
b. Tonik bagi organ dan sel
c. Makanan lebih mudah dicerna dan kaya enzim.
d. Menjaga Imunitas
e. Mengandung bukan hanya kalori ( sumber tenaga ) tetapi juga ENERGI ( sumber tenaga+daya ).

Sedangkan kalau menggunakan Makanan Kalengan/Kemasan/Instant/Olahan banyak mengandung nutrisi sintetis yang dapat memperberat fungsi organ cerna dan tidak efektif diserap tubuh.

3. NO SALT and NO SUGAR ( Tanpa GARAM dan GULA ).
Karena akan lebih memperberat fungsi organ bayi seperti Pankreas dan Ginjal ( ga mau kan masih kecil dah kena penyakit aneh-aneh??? ).
Pengganti Garam dan Gula bisa didapat dari makanan alami, terpenuhi dari makanan. Misalnya agar sedikit gurih dapat dipenuhi dengan makanan bergaram alami seperti keju begitu juga gula dapat terpenuhi dari makanan yang mempunyai rasa manis. Biarkan bayi merasakan citarasa alami dari makanan tanpa tambahan garam ataupun gula.

4. TERIGU INTENSIF
Maksudnya jangan terlalu sering menggunakan produk gandum untuk membuat makanan bayi karena produk gandum mengandung PROTEIN KHUSUS : GLUTEN yang sulit dicerna yakni membutuhkan 3X Siklus Metabolisme atau 3 hari 3 Malam. Boleh diberikan tapi tidak setiap hari dan terlalu sering.
Produk Gandum yaitu :
1. Biskuit
2. Roti
3. Mie ( bisa diganti dgn mie wortel,mie jagung,dsbnya. )
4. Pasta
5. .Makaroni

Untuk Oat atau Havermut, boleh diberikan karena gluten yang dikandungnya sedikit sekali, tapi sebaiknya jangan terlalu sering.
Untuk mengganti produk gandum yang juga mengandung karbohidrat, dapat diberikan Kentang dan Umbi2an yang mengandung Karbohidrat selain Nasi dan lebih alami.

5. BABY BISKUIT INSTANT # Makanan Bayi
Maksudnya jangan dijadikan sebagai makanan bayi karena :
1. Isinya hanya kalori ( Karbo+(pati+gula) + Lemak ).
2. Hanya berisi FOOD ADDITIVES SINTETIS yakni Baking Powder/ Baking Soda supaya renyah.
3. Hanya berisi nutrisi sintetis.
4. Banyak mengandung GULA yang dapat menurunkan imunitas.
Penggantinya dapat diberikan Buah Potong/Buah Lumat atau Biskuit Havermut ( bikin sendiri )+Pisang..

6. CATATAN TAMBAHAN
1. Jangan terlalu sering menggunakan Butter dan Keju karena banyak mengandunh lemak, sebaiknya gunakan Olive Oil Ekstra Virgin yang banyak mengandung OMEGA3 yang baik untuk perkembangan otak.
2. Pir dan Apel, jika anak sudah bisa mengunyah dan menelan dengan baik sebaiknya diberikan langsung tanpa dikukus terlebih dahulu, agar mendapatkan AntiOksidannya,krn kalo dikukus Antioksidannya hilang hanya dapat seratnya saja.
3. Nasi Tim sebaiknya dimasak terpisah dengan Sayurnya,ketika akan diberikan baru dijadikan sayurnya.
4. Jika memasak nasi tim untuk seharian sebaiknya disimpan di dalam kulkas atau ditaro dalam suhu ruang ( dgn catatan tidak basi ), soalnya kalo ditaro di magic jar atau penghangat lainnya dapat mengakibatkan nutrisinya hilang karena terkena pemanasan terus-menerus.
5. Sebaiknya gunakan sayur dan buah organik.
6. Bahan makanan mangandung YODIUM yakni terdapat pada IKAN, TANAMAN TUMBUH DI DATARAN RENDAH, SAYURAN HIJAU dan RUMPUT LAUT sebagai PENGGANTI GARAM.
7. Agar makanan lebih gurih dapat dibuatkan bawang merah+bawang putih, digoreng kemudian dilumatkan.
8. Margarine menurut Pak Wied tu ternyata mengandung lemak trans yang jahat karena margarine bentuk asalnya adalah minyak goreng yang dipadatkan menjadi margarine, nak ketika margarine dipanaskan akan berubah bentuk lagi menjadi minyak goreng lagi, sehingga menghasilkan lemak jahat yang bertumpuk. Sedangkan yang paling baik adalah Mentega atau Butter seperti merk O****d, karena merupakan olahan dari susu sapi yang tidak mengandung Lemak Trans. ( Dalam Hal ini, silahkan diskusi lebih lanjut ya dengan Pak Wied Harrynya…aku takut salah, hehehehe ). Jadi Kesimpulannya adalah Mentega ( Butter like O****d,A****r, dsbnya ) lebih baik ketimbang Margarine ( B***B**d,P***B**m,F****a,dsbya apapun mereknya )

Summary diatas yang diterangkan oleh Pak Wied. Ya….aku sebagai ibu yang anaknya lagi GTM Ria, kadang ga bisa mengikuti semua yang disampaikan diatas…hikshikshiks, kadang prakteknya lebih sulit…😦. Contohnya : Haidar tu suka kalo nasitimnya diolesin butter, giliran aku ganti lebih sering nasi timnya aku olesin Olive Oil, udah aja langsung mogok makan… then sukanya anget2 majic jar, nasi timnya pernah aku taro di Termos Zojirushi biar tetep anget gitu tanpa diangetin lagi….eehhh sama dia ga suka.😦. Makannya jadi ga lahap deh. Jadi Haidar makannya tu mood2an, kadang suukkaaaa bangeettt makan, giliran besoknya ga mood, padahal menunya hampir sama, cara masaknya sama….😦.

Untuk lebih jelasnya lagi bisa gabung di milis gizi_bayibalita@yahoogroups.com. Semua pertanyaan dijawab langsung sama Pak Wied lho…..