Dear,

Tanggal 06 Mei 2010 Haidar genap berusia 15 Bulan. Di usia Haidar yang menginjak 15 bulan ini, jadwal Imunisasi Haidar adalah MMR. Jujur ini adalah Imunisasi Haidar yang paling aku takuti dan khawatirkan. Padahal dah banyak banget baca buku, artikel maupun referensi ilmiah dan dapet pencerahan waktu ikutan PESAT Jakarta, tapi tetep aja rasa was-was ada. Hingga perkembangan Haidar selalu aku ikuti dengan detail dan selalu kuingat Haidar dah bisa apa aja. *terlalu paranoid yak? hehehehe.

Akhirnya setelah berdiskusi sana-sini, tanya-tanya sama para ibuk-ibuk yang anaknya sudah diImunisasi MMR lebih dahulu, dan BBG-an sama enak-emak di Happy Mommies aku memantapkan diri untuk meng-Imunisasi Haidar MMR, dan pilihan dokter yang akan melakukan Imunisasipun jatuh kepada Bunda Wati (dr.Purnamawati S.Pujiarto), sekalian juga melihat Pertumbuhan Haidar (khawatir TBnya dari GC grafiknya kok bergerak menurun) dan Perkembangan Haidar. *hehehehe, biar lebih mantap.

Alhamdulillah Haidar dapet untuk konsul ke Bunda wati di KMC di hari yang telah aku rencanakan sebelumnya. Saat Haidar ditimbang BBnya sekarang adalah 9.11 kg ( cuman naik 200 grm, hmm….pdhal kemarin naik sampe 600 grm *ikon mikir , sepertinya dia aktif banget memang akhir-akhir ini makanya naiknya irit ) dan TBnya sekarang adalah 73 cm ( Upss…makin khawatir, kok naiknya cuman 1 cm ya? *catatan dia diukur dengan cara berdiri dan Haidar mondar-mandir). Saat masuk ke ruang praktek dr.Wati langsung kuutarakan niatku dan meminta dr.Wati untuk menilai perkembangan Haidar sebelum diImunisasi, dan dr.Wati hanya tertawa terkekeh-kekeh, katanya “Haidar sehat kok, lagian ga ada hubungannya antara perkembangan anak dengan Imunisasi MMR”, aku jawab ” Iya si dok, *sambil pipi merah merona malu…hallah lebaay! , tapi untuk lebih menguatkan dok”. Kemudian dr.Wati menambahkan sekalian Imunisasi Hepatitis A ya? biar efektif dan nanti umur 2 tahun, Imunisasi yang tersisa tidak banyak, kau langsung mengiyakan setuju. Akupun menerangkan dengan detail tentang kekhawatirkanku tentang TB Haidar, dan aku tunjukkan print out plot GC Haidar tiap bulannya, dr.Watipun mememutuskan untuk diukur ulang dan Hasilnya? ternyata TB Haidar yang benar adalah 75cm! *huh!jadi bete sama susternya… dan Normal,namun kata dr.Wati tetap harus dipantau tiap bulannya. Kalau nanti perkembangannya menurun atau stagnan, konsultasikan dengan dr.ahli gizi atau dr,anak spesialis endokrin (cmiiw ya…pokonya spesialis ttg TB anak ). Oh ya, dr.Wati menyarankan untuk banyak-banyak main di udara terbuka, dilapangan suruh maen bola (hehehe, maklum rumah bukan di perumahan cluster, ga ada tamannya..jadi paling banter Haidar maen di carport alias teras samping parkir mobil :p).

Alhamdulillah legaaaanyaaa aku, ketakutan terbesarku terlewat sudah yaitu Imunisasi Haidar MMR, dan senaanngg bisa simultan Hepatitis A..🙂. Dan lebih senaaaannng lagi Pertumbuhan dan Perkembangan Haidar baiikkkk….Dan sampe tulisan ini dibuat Haidar semakin lancaaar ngomongnya dan semakin aktif,kosakata bicaranya juga semakin banyak. Alhamdulillah….