Posts tagged ‘Toddler’

Haidar Menagih Janji

Haidar,anak sekecil itu udah bisa protes sekarang. Sejak ayah Haidar sakit demam berdarah seperti yang diceritakan di sini , aku dan ayahnya jadi libur untuk jalan-jalan keluar,walaupun itu hanya sekedar belanja bulanan atau main kerumah eyang,atau kerumah nenek di bogor :). Padahal si juga baru libur 1x sabtu,minggu aja, tapi ributnya dirumah minta ampun, sampe minta makan di mobil….hehehehe :p. Haidar bilang : ” yu,makang di mobil” (sambil narik-narik tanganku).

Pagi ini, sepertinya Haidar tau kondisi ayahnya sudah membaik dan pulih. Selepas Haidar bangun tidur tiba-tiba Haidar bilang :

H : “yuk,kual” (ayo,keluar)
A : “kemana?
H : “yuk,pegi (ayo,pergi)
A : “pergi kemana?”
H : “nek mobil” (naik mobil) , lalu Haidar narik tangan ayahnya dan berjalan menuju kekamar,sambil nunjuk-nunjuk baju pergi ayahnya yang digantung, dan bilang :

H : “ake aju (pake baju)
A : “buat apa pake baju?”
H : “jaang-jaang (jalan-jalan), awa mumu” (bawa mumu alias susu) – (Haidar suka ngeliat kalo Aku dan Ayahnya nyiapin UHTnya).
A : “Iya nak, nanti kita jalan-jalan ya… :).”
H : Haidar hanya manggut-manggut.


Singkat cerita, akhirnya Sabtu lalu kita pergi ke Bebek Kaleyo-BSD,Teras Kota, BSD dan terakhir berakhir di Giant Bintaro untuk memuaskan keinginan Haidar jalan-jalan, sekalian juga si, Aat pengen makan makanan enak-enak after sakit kemarin itu, hehehehe. sedangkan si Ibu satu ini pengen chewyjunior puff dan segelas besar Chocolate Caramelnya Starbucks. Haidar? setelah dia ikutan makan bebek goreng juga dan segelas Juice Melon di Bebek Kaleyo, aku naikkan Haidar wahana di FunWorld Teras Kota. Hasilnya? Haidar puwaaaasss sekaliiiii dan sangat menikmati jalan-jalannya, sepanjang jalan ga berhenti-berhenti Haidar ngoceh tentang apa aja yg dilihatnya. Jadi utang Ayah-Ibu dah lunas ya nak… :).

Iklan

Haidar Favorite Books

DeaR,

Akhir-akhir ini Haidar lagi seneng-senengnya baca buku. Setiap pagi dan menjelang tidur malam, Haidar selalu meminta kedua buku ini untuk dibaca dan dilihat, sambil teriak-teriak menyebutkan nama-nama benda atau hewan yang Haidar sudah tau. :). Kedua buku favorit Haidar itu :

1. 100 Jendela : Lihat Sekelilingmu : Edisi Animal . Ini beli di Gramedia Bintaro Jaya, waktu ada diskonan. Hehehehe…mak irit. Dibuku ini Haidar suka banget sama gambar-gambar berbagai macam binatang didalamnya, dah banyak nama-nama binatang dibuku ini yang Haidar tau, misal : Badak,Kelinci,Burung Tukan, Singa,Cheetah,Cacing,Sapi, Kepik,Kupu-Kupu, Babi,Ayam,dll. Biasanya Haidar kalo pengen liat buku ini , bilang ” lia bibiatang ” ( Lihat binatang ), atau bilang “lia kupu-kupu ( Lihat kupu-Kupu/salah satu binatang lain yang Haidar tau ).

2. MathewWolf : Buku Berjendela : Kehidupan di Kota. Kalo buku ini beli di temen twitter : @abidcute, FB : Arvi Puspitasari. Toko Onlinenya : skoolnet . Buku ini aku beli paket, ada 4 buku isinya yang judulnya :

1. Kehidupan di Kota
2. Asyiknya di Tanah Pertanian
3. Musim
4. Kebiasaan Baik dan Buruk

Cuman yang baru aku buka buat Haidar : kehidupan di kota. Meskipun belum paham bener cerita yang ada dibuku ini, Haidar senang melihat gambarnya, contohnya: “Lampu Inta”(Lampu Lalu Lintas), atau “Toko ekim” ( Toko Eskrim ). Biasanya Haidar kalo pengen liat buku ini , bilang “Lia Lamu Inta” (Lihat Lampu Lalu Lintas) atau bilang “Lia Toko Ekim (Lihat Toko Eskrim).

HaidaR : Unprecditable Words

DeaR,

Menjelang Haidar 2 tahun (3 bulan lagi), banyak perkembangan pesat yang Haidar tunjukkan kepada kami :). Alhamdulillah, Haidar jadi anak yang pintar,cerdas dan kreatif. Selain tingkahnya yang kian hari kian lincah dan ga bisa diem, Haidar juga semakin ceriwis dan cerewet ( eh, ini sama ya istilahnya, ;p). Terkadang saking cerewetnya Haidar, aku dan suami suka ga ngeh dan ga inget lagi kata-kata apa yang Haidar bisa ungkapkan. Terlebih kalo Haidar diajak jalan-jalan, Haidar paling suka tuh..sepanjang perjalanan dia akan ngoceh, dan menyebutkan satu-satu benda atau hal yang Haidar bisa dan inget.:).

Salah satu kalimat atau kata-kata yang bikin aku takjub dan senang adalah :

1. Kemarin aku lagi muleees banget dan tiduran di tempat tidur, Haidar menghampiri :

H : “ibu,ibu….”
A : “Ya, sayang….ibu lagi sakit perut ni nak…”
H : “bu,akit peut ? ( ibu, sakit perut? )
A : “iya,ibu sakit perut ”
H : “Kaci oba” ( kasih obat )
A : “Kasih Obat? ”
H : “Oba acun” ( Obat racun )
A : ” Iya nak, obat racun…ibu minum air anget aja ya… ”
H : “Ya, num air ange” ( iya, minum air anget )

Ahhhh……meleleh aku denger kata-kata yang Haidar ucapkan, aku ga nyangka kalo aku bilang sakit Haidar akan bilang kasih obat ( ga ada yang ngajarin padahal,mungkin mendengar kalo kita ngomong begitu).

2. Ketika Haidar mendengar adzan maghrib di televisi, Haidar akan langsung menghampiri kita, dan berkata :

H : “ayo,oa” ( ayo,sholat sambil narik tangan ayah -ibunya )
H : “pake aung” (Pake sarung, dan menarik sajadah yang ada di kamar sholat)
trus mengikuti gerakan orang sholat….. 🙂

3. Ketika kami mengajarkan satu kalimat dan kalimat itu kami putar, Haidar selalu bisa menjawab dengan benar. 🙂 :

A/S : “Di Sawah ada kodok”
H : Meniru kalimatnya : “Di awah ada kodok”

lalu aku atau suami menanyakan pertanyaan terbalik :

A/S : “Haidar kodok ada dimana?”
H : ” di awah”

hehehehe, itu salah satu kalimat-kalimat yang Haidar bisa ikuti dan bisa menjawab apabila ditanyakan pertanyaan terbalik. :). Alhamdulillah, amat bersyukur diberikan amanah oleh Allah anak seperti Haidar. aku dan Aat sebagai orangtua dituntut untuk selalu belajar dan belajar. Insya Allah Haidar sela;u cerdas,sehat, dan sholeh yaaa….amiin.

MIKRONUTRIEN

Mikronutrien
adalah zat gizi (nutrien) yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit tapi sangat diperlukan tubuh untuk tumbuh dan berkembang setiap hari. Zat yg termasuk mikronutrien adalah vitamin dan mineral. Khususnya untuk tumbuh kembang tinggi anak.

1. Vitamin A
Untuk perkembangan rangka dan jaringan lemak serta memperbanyak sel tulang
Kebutuhan Per Hari : 400 mikrogram ( 0-6 Bulan ).
500 mikrogram ( 7 bulan – 1 tahun )
300 mikrogram ( 1 – 3 tahun )
Terdapat pada : telur,susu,kentang,wortel,bayam,mangga

2. Vitamin C
Untuk sistetis atau penyusunan komponen struktural penting pembuluh darah,otot,jaringan ikat dan tulang,juga berguna utk proses pertumbuhan,antioksidan dan serta sistem kekebalan tubuh
Kebutuhan per hari : 15 miligram ( 1-3 tahun )
Banyak pada : Jambu Biji,Jeruk,Strawberry,Tomat,Brokoli dan Kentang

3.Vitamin D
Untuk mempertahankan kadar kalsium dalam tubuh yang penting untuk fungsi sistem saraf serta pertumbuhan dan mempertahankan kepadatan tulang,juga penting untuk penggunaan kalsium scr efisien oleh tubuh.
Kebutuhan per hari : 5 mikrogram ( 0-3 Tahun )
Banyak pada : sinar matahari pagi,salmon,makarel,kuning telur

4. Seng ( Zn )
Untuk memperbaiki pertumbuhan,mempertahankan kekebalan tubuh serta mempercepat penyembuhan luka.
Kebutuhan per hari : 2 miligram(0-6Bulan)
7 miligram (7bulan-3Tahun)
Banyak pada : Almond,tiram,sereal,whole grains,telur,ikan,daging

5.Kalsium ( Ca )
Elemen penting dalam struktur tulang dan gigi. Sekitar 99 % kalsium dalam tubuh ditemukan dalam tulang dan gigi.
Kebutuhan per hari : 210 miligram ( 0-6 bulan )
270 miligram ( 7 bulan – 1 tahun )
500 miligram ( 1-3 tahun )
Banyak pada : susu,keju,yoghurt,kacangmerah,brokoli,bayam

6. Yodium
Untuk sintesis hormon tiroid yang berperan dlm proses fisiologis seperti pertumbuhan,perkembangan,metabolisme dan fungsi reproduksi.
Kebutuhan per hari : 110 mikrogram ( 0-6 Bulan )
130 mikrogram ( 7 bulan – 1 tahun )
90 mikrogram ( 1 -3 tahun )
Banyak pada : Udang,Tuna,rumput laut

7.Fosfor (P)
Membentuk matriks atau tempat asal tulang dan gigi tumbuh.
Kebutuhan per hari : 100 miligram (0-6 Bulan )
275 miligram ( 7 Bulan – 3 Tahun )
Banyak pada : susu,yoghurt,keju,telur,daging dan ikan

8.Magnesium (Mg )
Diperlukan untuk pembentukan tulang dan merupakan bahan esensial dari cairan sel.
Kebutuhan per hari : 30 miligram ( 0-6 Bulan )
75 Miligram ( 7 Bulan – 1 tahun )
80 miligram ( 1-3 tahun ).
Banyak pada : Beras Merah,sereal,kacang dan bayam.

Disadur dari : Ayahbunda No.2, 25 Jan – 07 Feb 2010.