Posts tagged ‘All About My Baby’

Me-Remove Ticker I’ve Been BreastFeeding For..

DeaR,

Menghapus Ticker ini ternyata tak semudah yang dibayangkan dan dilakukan, jujur ticker ini merupakan ticker kebanggaan aku, yang menyatakan aku telah berhasil menyusui selama ini. Namun semua itu kembali lagi pada kenyataan ya…Aku ga mau membohongi diriku sendiri terlebih publik, kalau ternyata aku sudah tidak menyusui Haidar lagi. Dan baru hari ini keberanian itu ada, mengakui bahwa salah satu kebanggaanku tidak lagi kulakukan selama ini.

Haidar telah menunjukkan gelagat ogah-ogahan mimik ASI lagi sebenernya sejak menjelang usianya yang hampir menginjak 12 bulan, ditandai dengan mimik ASIP ( ASI Perah ) yang tidak sebanyak biasanya ketika aku berada di kantor, tetapi hanya mau mimik langsung dari aku langsung, jadi ketika aku pulang kantor Haidar ngebut nenennya. :-). Akhirnya banyak ASIPku yang didonorkan kepada ibuk-ibuk lain yang membutuhkan dan kubuat untuk campuran makanan (walaupun Haidar tidak terlalu suka juga), dan lebihnya lagi dengan amat sangat terpaksa kubuang *nangiss…

Ketika Haidar menginjak usia 13 bulan tepatnya ketika sembuh dari sakitnya, Haidar benar-benar menolak menyusu. Semua terjadi begitu saja, saat Haidar kuposisikan posisi menyusui dia menangis meraung-raung dan menolak dengan keras, aku mengalah dan mencari-cari apa penyebabnya, mungkinkah Haidar terkena “nursing strike”? apa ada suatu kejadian yang membuat Haidar tidak mau menyusui lagi? . Dan selalu kucoba tawarkan lagi, lagi dan lagi,namun Haidar tetap menolak dengan keras.
Setelah kurenungkan lagi, ga ada tanda-tanda itu diatas. Namun baru kusadari ternyata Haidar sekarang bila melihat putingku seperti melihat dalam pandangan seorang lelaki dewasa (maaf jika kalimatnya vulgar), terus terang akupun sedikit risih, mungkinkah itu penyebabnya? dan sampai sekarang juga seperti itu, tiap kali aku masih berusaha tawarkan untuk menyusui lagi.

Akhirnya setelah berulangkali mencoba dan mencoba, Haidar resmi tidak menyusui lagi diusianya yang ke 13 bulan lebih alias Haidar meng-Weaning dirinya sendiri. Sediiih? jelas! Ingin menangis rasanya….bahkan sampai sekarangpun aku selalu merindukan saat menyusui Haidar. Namun aku berusaha meng-Ikhlaskan diri bahwa Haidar sudah tidak mau menyusui lagi dan menghargai keinginan Haidar untuk tidak menyusui lagi. Haidar sekarang resmi minum Susu Pasteurisasi sebagai pengganti ASInya…

Dan keberanian meRemove Ticker I’ve Been Breastfeeding For….baru sekarang muncul. Mohon maaf jika sebelumnya aku masih mengakui kebanggaanku itu dan secara ga langsung membohongi diriku sendiri juga. *Nangis lagiii…

Alhamdulillah Haidar telah menyusui selama 1 Tahun 1 bulan lebih, terima kasih Ya Allah atas anugerah Air Susu Ibu yang telah KAU berikan kepadaku. Amiin.

Iklan

Perjalanan MPASI Haidar 8 Bulan

DeaR,

Alhamdulillah hari ini Haidar genap berusia 9 Bulan, dibarengi Ultah Sang Ayah tercinta… Perjalanan MPASI Haidar 8 Bulan ini tak semulus yang dilaluinya saat berusia 6-7 Bulan. Nafsu makannya tak sehebat dulu, kini untuk menghabiskan makanannya Haidar butuh waktu hingga 2 Jam lebih,sedangkan dulu tak kurang dari 5 menit pasti telah habis.

Menu makanan Haidar di 8 Bulan ini adalah :
Untuk Nasi : Nasi Tim Saring
1. Sayuran :
– Asparagus
– Bayam Hijau
– Bayam Merah
– Kangkung

2. Lauk :
– Daging
– Ayam Kampung
– Hati Ayam Kampung
– Ikan Salmon
– Tahu
– Tempe ( dimasak dgn Jahe+Sereh )

3. Kaldu ;
– Kaldu Ayam
– Kaldu Daging
Untuk Kaldu Ayam , aku membubuhkan Bawang Merah + Daun Bawang+Daun Seledri.
Untuk Kaldu Daging+ Kaldu Ikan ( dimasak bersamaan dgn ikannya ) aku membubuhkan Jahe+Sereh.
Aku tahu di Usia Haidar yang masih 8 Bulan sebaiknya kaldunya polos, jangan dicampurkan bumbu yang lain-lain, sudah aku coba namun Haidar jelas-jelas menolak dan tidak mau makan walaupun hanya sesuap, tapi setelah kaldunya aku bumbuhi sedikit Haidar Alhamdulillah mau juga makan walaupun tidak lahap-lahap amat.

4. Dairy Food / Lain-Lain
– Unsalted Butter
– Olive Oil Ekstra Virgin
– Keju
– Makaroni
– Agar-Agar

Untuk Makaroni, Haidar selalu semangat memakannya, aku membuatkan Haidar Tim Makaroni dikala ada waktu senggang misalnya waktu aku libur, dengan maksud supaya Haidar ga bosen.

Sedangkan frekuensi makannya menjadi 4x sehari, 3x Makan Besar ( Pagi, Siang, Sore ) dan 1x Cemilan/Buah ( Antara Pagi dan Siang ).

Untuk menunya , sorry banget ga bisa aku share disini soalnya aku ga bikin jadwal menu, jadi tiap hari yg kepikiran di otak ajah dan tidak dicatata ( keburu kepikiran polahnya Haidar saat makan ). Intinya si NasiTimSaring+Sayuran+Lauk+Kaldu. dan NasiTimSaring ini aku olesi Unsalted Butter dan Olive Oil,berganti-gantian tiap hari.

Oh ya ini resep Tim Makaroni kesukaannya Haidar :

Tim Makaroni
Bahan :
Makaroni secukupnya
Air secukupnya
Tahu secukupnya
Wortel secukupnya
Bayam secukupnya
Ayam/Daging Giling
Keju secukupnya
Unsalted Butter

Cara Membuat :
1. Rebus Makaroni+Ayam/Daging Giling+Tahu dengan Air.
2.Setelah matang makaroninya & airnya sudah agak berkurang, masukkan wortel+Bayam, Aduk rata hingga air hampir habis alias mengering seperti adonan.
3. Masukkan Keju+Unsalted Butter, aduk rata dan angkat.
4. Diamkan sejenak, lalu diblender sebentar, dan hidangkan di mangkok bayi.

NB : Untuk Sayuran, bisa diganti sesuai selera.

Talk Show MPASI AIMI with Wied Harry Apriadji.Update

DeaR,

Tanggal 24 Oktober 2009 di Restoran Sambara, Cipete-Jakarta Selatan kemarin aku dateng di acaranya AIMI, yaitu : TALK SHOW MPASI With Wied Harry Apriadj. Pas banget momentnya Haidar lagi gemar ber GTM ria bulan ini… . :-(.
Dan summary yang diberikan Wied Harry tentang MPASI adalah :

1. Tahapan Pengenalan Makanan
Struktur Molekul dan Tekstur
1-6 Bulan : ASI Ekslusif
6_7 Bulan : Buah ( Karbohidrat. Sederhana, menurut Wied Harry yg paling baik dan lebih dulu adalah buah, karena buah mengandung karbohidrat sederhana dan menyerupai ASI sehingga mudah dicerna bayi., umumnya bayi awal MPASI masih belum mengunyah Intensif).
7-8 Bulan : Pati ( include GASOL,Umbi2an ) + Sayur rendah serat ( Karbohidrat lebih kompleks) + Polong2an mudah cerna ( TempeTahu ), Tekstur lembut.
8-9 Bulan : Idem dengan usia 7-8 Bulan + Protein mudah cerna ( Telur,Keju, Yoghurt), Tekstur Lembut+Saring ( kaya Bubur Saring ).
9-10 Bulan : Idem dengan usia 8-9 Bulan+ Sayuran lebih kaya serat+Protein lebih beragam termasuk polong2an ( kc.hijau,kc.tolo,kc.merah ) , Tekstur Tim dan Saring.
10-12 Bulan : Idem dengan usia 8-9 Bulan+ FingerFood bikinan sehat alami seperti fish stick or chicken nugget.

2. Makanan Bayi adalah makanan segar dan alami alias buatan sendiri karena :
a. Zat Nutrisi+Zat Non Nutrisi relatif utuh.
b. Tonik bagi organ dan sel
c. Makanan lebih mudah dicerna dan kaya enzim.
d. Menjaga Imunitas
e. Mengandung bukan hanya kalori ( sumber tenaga ) tetapi juga ENERGI ( sumber tenaga+daya ).

Sedangkan kalau menggunakan Makanan Kalengan/Kemasan/Instant/Olahan banyak mengandung nutrisi sintetis yang dapat memperberat fungsi organ cerna dan tidak efektif diserap tubuh.

3. NO SALT and NO SUGAR ( Tanpa GARAM dan GULA ).
Karena akan lebih memperberat fungsi organ bayi seperti Pankreas dan Ginjal ( ga mau kan masih kecil dah kena penyakit aneh-aneh??? ).
Pengganti Garam dan Gula bisa didapat dari makanan alami, terpenuhi dari makanan. Misalnya agar sedikit gurih dapat dipenuhi dengan makanan bergaram alami seperti keju begitu juga gula dapat terpenuhi dari makanan yang mempunyai rasa manis. Biarkan bayi merasakan citarasa alami dari makanan tanpa tambahan garam ataupun gula.

4. TERIGU INTENSIF
Maksudnya jangan terlalu sering menggunakan produk gandum untuk membuat makanan bayi karena produk gandum mengandung PROTEIN KHUSUS : GLUTEN yang sulit dicerna yakni membutuhkan 3X Siklus Metabolisme atau 3 hari 3 Malam. Boleh diberikan tapi tidak setiap hari dan terlalu sering.
Produk Gandum yaitu :
1. Biskuit
2. Roti
3. Mie ( bisa diganti dgn mie wortel,mie jagung,dsbnya. )
4. Pasta
5. .Makaroni

Untuk Oat atau Havermut, boleh diberikan karena gluten yang dikandungnya sedikit sekali, tapi sebaiknya jangan terlalu sering.
Untuk mengganti produk gandum yang juga mengandung karbohidrat, dapat diberikan Kentang dan Umbi2an yang mengandung Karbohidrat selain Nasi dan lebih alami.

5. BABY BISKUIT INSTANT # Makanan Bayi
Maksudnya jangan dijadikan sebagai makanan bayi karena :
1. Isinya hanya kalori ( Karbo+(pati+gula) + Lemak ).
2. Hanya berisi FOOD ADDITIVES SINTETIS yakni Baking Powder/ Baking Soda supaya renyah.
3. Hanya berisi nutrisi sintetis.
4. Banyak mengandung GULA yang dapat menurunkan imunitas.
Penggantinya dapat diberikan Buah Potong/Buah Lumat atau Biskuit Havermut ( bikin sendiri )+Pisang..

6. CATATAN TAMBAHAN
1. Jangan terlalu sering menggunakan Butter dan Keju karena banyak mengandunh lemak, sebaiknya gunakan Olive Oil Ekstra Virgin yang banyak mengandung OMEGA3 yang baik untuk perkembangan otak.
2. Pir dan Apel, jika anak sudah bisa mengunyah dan menelan dengan baik sebaiknya diberikan langsung tanpa dikukus terlebih dahulu, agar mendapatkan AntiOksidannya,krn kalo dikukus Antioksidannya hilang hanya dapat seratnya saja.
3. Nasi Tim sebaiknya dimasak terpisah dengan Sayurnya,ketika akan diberikan baru dijadikan sayurnya.
4. Jika memasak nasi tim untuk seharian sebaiknya disimpan di dalam kulkas atau ditaro dalam suhu ruang ( dgn catatan tidak basi ), soalnya kalo ditaro di magic jar atau penghangat lainnya dapat mengakibatkan nutrisinya hilang karena terkena pemanasan terus-menerus.
5. Sebaiknya gunakan sayur dan buah organik.
6. Bahan makanan mangandung YODIUM yakni terdapat pada IKAN, TANAMAN TUMBUH DI DATARAN RENDAH, SAYURAN HIJAU dan RUMPUT LAUT sebagai PENGGANTI GARAM.
7. Agar makanan lebih gurih dapat dibuatkan bawang merah+bawang putih, digoreng kemudian dilumatkan.
8. Margarine menurut Pak Wied tu ternyata mengandung lemak trans yang jahat karena margarine bentuk asalnya adalah minyak goreng yang dipadatkan menjadi margarine, nak ketika margarine dipanaskan akan berubah bentuk lagi menjadi minyak goreng lagi, sehingga menghasilkan lemak jahat yang bertumpuk. Sedangkan yang paling baik adalah Mentega atau Butter seperti merk O****d, karena merupakan olahan dari susu sapi yang tidak mengandung Lemak Trans. ( Dalam Hal ini, silahkan diskusi lebih lanjut ya dengan Pak Wied Harrynya…aku takut salah, hehehehe ). Jadi Kesimpulannya adalah Mentega ( Butter like O****d,A****r, dsbnya ) lebih baik ketimbang Margarine ( B***B**d,P***B**m,F****a,dsbya apapun mereknya )

Summary diatas yang diterangkan oleh Pak Wied. Ya….aku sebagai ibu yang anaknya lagi GTM Ria, kadang ga bisa mengikuti semua yang disampaikan diatas…hikshikshiks, kadang prakteknya lebih sulit… :-(. Contohnya : Haidar tu suka kalo nasitimnya diolesin butter, giliran aku ganti lebih sering nasi timnya aku olesin Olive Oil, udah aja langsung mogok makan… then sukanya anget2 majic jar, nasi timnya pernah aku taro di Termos Zojirushi biar tetep anget gitu tanpa diangetin lagi….eehhh sama dia ga suka. :-(. Makannya jadi ga lahap deh. Jadi Haidar makannya tu mood2an, kadang suukkaaaa bangeettt makan, giliran besoknya ga mood, padahal menunya hampir sama, cara masaknya sama…. :-(.

Untuk lebih jelasnya lagi bisa gabung di milis gizi_bayibalita@yahoogroups.com. Semua pertanyaan dijawab langsung sama Pak Wied lho…..

Perjalanan MPASI Haidar 7 Bulan

Hi There,

Ga terasa Haidar dah mau 9 bulan tgl 5 November besok, banyak kejadian yang menguras energi,pikiran dan kreatifitas saat MPASI Haidar masuk usia 8 bulan.

Eiittss, Back to Tittle…karena perjalanan MPASI Haidar 7 bulan,lebih banyak dihabiskan di Malang ( 2minggu di Malang ), aku lebih memilih untuk tidak banyak banyak menambah jenis makanan yang baru, itu juga salah satu alasan kenapa aku ga ngenalin kaldu.

Menu Haidar di 7 bulan ini masih sama dengan menu yang aku berikan di usianya yang 6 bulan.

Alhamdulillah MPASI Haidar 7 Bulan ini berjalan sangat sangat lancar, aku jadi tambah semangat masaknya, ya mungkin pengaruh lingkungan juga kali ya…soalnya di usianya yg 7 Bulan,2 Minggunya dihabiskan di Malang which is banyak orang-orang yang “mengartiskan”. (Hehehehe) Haidar.

Lebih detailnya ada di Menu MPASI Haidar 7 Bulan